Tuesday, March 21, 2017

Kemah Budaya dan traveling Tulungagung PART 1



Hello travelers,aku mau berbagi pengalaman aku nih waktu ada acara kemah budaya di Tulungagung.Tulungagung merupakan sebuah kota kecil nan indah di provinsi Jawa Timur.Banyak banget destinasi wisata yang bisa kalian kunjungi mulai dari wisata alam seperti gunung dan pantai sampai wisata budaya karena banyak sekali situs-situs purbakala di kota Tulungagung

Waktu itu aku ikut acara kemah budaya disana.Acara ini diselenggarakan oleh para pemerhati budaya dan sejarah seperti budayawan,sejarahwan,arkeolog,seniman dan para pemuda yang peduli dan tertarik tentang budaya dan sejarah.Acara ini di selenggarakan di gunung budeg,salah satu gunung purba di Tulungagung

Hari itu Jumát tanggal 24 Februari aku berangkat dari stasiun Solo Balapan jam 08:34 dan sampai di stasiun Tulungagung jam 13:10.Karena waktu masih siang aku mutusin untuk explore destinasi lain di luar acar kemah budaya.Setelah mencari informasi di google aku dan temenku mutusin buat ke salah satu pantai yang masih asri di Tulungangung yaitu pantai Sanggaria.Aku pikir perjalanan untuk sampai ke pantai itu awalnya mudah.Dengan berbekal bertanya dari mulut ke mulut kepada warga sekitar aku sama temenku nekat ke pantai itu.

Dalam perjalanan ke pantai kami sempat salah jalan.Seharusnya dari arah kota Tulungagung belok kiri tapi kami kebablasan.Bisa dibilang jalan menuju pantai Sanggaria ini terbilang rumit.Kalian harus naik turun bukit untuk bisa sampai kesana.Dari arah kota kita langsung ke desa campurdarat patokannya ada di SMA Campur darat.Sebelum SMA Campur darat belok kiri kemudian lurus saja mengikuti jalan sampai ada gerbang jembatan bertuliskan Desa Tanggung gunung.Pada awalnya trek jalan mulus-mulus saja tapi setelah sampai di Desa Tanggung gunung jalan tidak lagi beraspal melainkan tanah liat agak licin jika di musim hujan.

Dan ternyata belum sampai disitu trek jalan yang lumayan ekstrimnya guys.Aku hampir aja putus asa sama perjalanannya.Dari desa Tanggung gunung nanti di sebalah kanan ada plang tulisan pantai Sanggaria dan pantai Pathuk Gebang.Aku kaget banget sama jalannya,ternyata hanya setapak jalan lebih cocok untuk pejalan kaki sih jalannya.Walaupun motor masih bisa lewat jalan itu tapi alangkah baiknya kalau jalan kaki aja.Tapi kemarin aku nekat aja lewatin jalannya.Dalam hati udah deg-deg an banget rasanya secara bensin motornya temenku udah mau habis,benar-benar nggak kebayang kalau kehabisan bensin di jalan yang ekstrim ini. Finally sampai juga di pantai Sanggaria guys.Ah seneng banget ternyata perjuanganku untuk sampai kesini nggak sia-sia.Dan beruntungnya ada warung kecil di pinggir pantai dan jualan bensin.Alhamdulillah lega banget rasanya,nggak kebayang kalau harus ndorong motor di jalan hiks.

Pantai ini masih terbilang alami mugkin karena tempatnya yang lumayan sulit untuk di jangkau.Disebelah pantai Sanggaria ini ada pantai lain namanya pantai Pathuk Gebang.Menurut informasi dari ibu penjual warung harus trecking dulu melewati bukit kalau mau ke pantai Pathuk gebang berhubung waktu nggak memungkinkan akhirnya explore pantai kali ini cukup di pantai Sanggaria.Mungkin lain kali aku bakal kesini lagi untuk camping.Setelah puas berfoto-foto akhirnya aku balik lagi ke arena perkemahan kemah budaya.

Pantai Sanggaria

Oke mungkin itu dulu cerita dari aku guys.Cerita pengalamanku di kemah budaya selanjuutnya ada di “ Kemah budaya dan Traveling Tulungagung PART 2”

*TO BE CONTINUED

Info dan tips traveling Tulungagung :

1. Harga tiket kereta ekonomi Solo Balapan-Tulungagung PP : 210 k
2. Lama perjalanan dari Solo-Tulungagung sekitar 4 jam 36 menit
3. Disarankan untuk memakai pakaian tipis saat treaveling,karena cuaca Tulungagung agak panas
4. Lama perjalanan dari kota Tulungangung ke destinasi pantai Sanggaria sekitar 2 jam.
5. Sebaiknya pastikan dulu kondisi kendaraan baik  sebelum ke pantai Sanggaria dan usahakan bensin full.

0 comments:

Post a Comment

 

Fearless Bacpacker Template by Ipietoon Cute Blog Design